Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

mobil bekas

Pasang Strut Bar di Mobil, Ada Fungsinya Atau Cuma Aksesori?

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 19 Juni 2020 | 18:29 WIB
Strut bar Ultra Racing untuk kaki depan
Aditya Pradifta
Strut bar Ultra Racing untuk kaki depan

Otoseken.idBengkel atau workshop modifikasi mobil sering menawarkan strut bar atau front bar, letak strut bar biasanya diletakkan di mesin secara melintang yang menghubungkan di kedua sasis.

Bebrapa orang beranggapan komponen tersebut hanya aksesori atau gaya-gayaan, lalu apakah strut bar ada fungsinya?

Ternyata strut bar bukan hanya sekedar aksesori atau gaya-gayaan semata, pasalnya strut bar memiliki fungsi untuk menambah rigiditas (kekakuan).

Walaupun letaknya berada di mesin, namun fungsi sebenarnya bukan untuk meredam getaran mesin.

Ilustrasi menikung
Gridoto.com
Ilustrasi menikung

Baca Juga: Hilangi Limbung di Toyota Rush dan Terios Lawas, Pakai Jurus Ini

"Banyak yang beranggapan strut bar atau front bar yang di mesin itu untuk meredam getaran mesin, tapi fungsinya untuk menambah rigiditas ketika mobil berbelok," Ucap Hans Steven, owner Speed'z Performance di Cipondoh, Tangerang.

"Ketika mobil berbelok, terjadi tekanan dari permukaan jalan, strut bar ini menjaga tekanan di kedua sisi supaya seimbang," lanjut Hans.

Selain menambah rigiditas saat berbelok, strut bar juga mempunyai fungsi untuk mengurangi gejala body roll atau limbung.

Untuk mobil yang memiliki ground clearence yang tinggi seperti SUV dan MPV, gejala body roll sering timbul dibandingkan mobil sedan maupun hatchback.

"Saat mobil menikung terjadi perubahan camber saat bermanuver di tikungan, camber itu kan sudut roda terhadap jalanan, strut bar meminimalisir gejala body roll akibat itu," tutup Hans Steven, owner Speed'z Performance di Cipondoh, Tangerang.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa