Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

mobil bekas

Perlukah Pasang Stabilizer Bar untuk Mobil Harian, Ini Penjelasannya

Abdul Aziz Masindo - Kamis, 2 Juli 2020 | 18:15 WIB
Pemasangan stabilizer bar Ultra racing
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Pemasangan stabilizer bar Ultra racing

Otoseken.idPemasangan stabilizer bar kerap dilakukan modifikator untuk meningkatkan performa handling supaya mobil lebih mendapatkan rigiditas (kekakuan).

Pemasangan stabilizer bar dengan mengubungkan beberapa bagian titik sasis mobil yang memiliki fungsi berbeda-beda setiap pemasangan.

Namun pemasangan stabilizer bar untuk mobil harian di perkotaan masih banyak dipertanyakan, apakah perlu atau stabilizer bar hanya untuk balap atau kalangan modifikasi saja?.

"Dari segi fungsi memang kalau mobil hanya dipakai harian sebenarnya tidak begitu perlu pasang stabilizer bar," terang Hans Steven, pemilik bengkel spesialis Speed'Z Performance, Cipondoh Tangerang.

Strut bar Ultra Racing untuk kaki depan
Aditya Pradifta
Strut bar Ultra Racing untuk kaki depan

Baca Juga: Bukan Cuma Strut Bar, Ini 3 Macam Stabilizer Bar di Mobil, Fungsinya Berbeda

"Namun beberapa pemilik mobil masih banyak yang merasa kalau handling atau pengendalian mobil bawaan pabrikan masih kurang baik," lanjut Hans.

Selain meningkatkan performa handling, stabilizer bar untuk mobil harian di perkotaan juga berperan dalam meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan.

"Meskipun mobil dipakai harian tapi ada saja kejadian seperti menghindar dari tabrakan atau kehilangan kendali saat manuver mendadak," ungkap pria yang disapa koh Hans.

 

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa