Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tren Awal Tahun 2000-an, Toyota Kijang Krista dan Kuda Ganti Transmisi Matik di Bengkel Resmi

Abdul Aziz Masindo,Ruditya Yogi Wardana - Sabtu, 6 Februari 2021 | 19:36 WIB
Toyota Kijang Krista
Auto Bild Indonesia
Toyota Kijang Krista

Otoseken.id - Pada awal tahun 2000-an, transmisi matik alias otomatis mulai banyak diminati masyarakat Indonesia.

Hal ini membuat pemilik Toyota Kijang Krista dan Mitsubishi Kuda tergiur untuk mengubah dari transmisi manual ke transmisi matik.

Melansir dari Tabloid OTOMOTIF No 10/X terbitan 17 Juli 2000, sejumlah dealer resmi Mitsubishi dan Toyota di wilayah Jabodetabek diketahui menerima permintaan konsumen untuk mengubah Toyota Kijang Krista atau Mitsubishi Kuda menjadi bertransmisi matik.

Mulai dari pihak dealer resmi Mitsubishi di bilangan Jakarta Utara yang mengaku bisa mengubah Mitsubishi Kuda bertransmisi matik.

Konsumen pada saat itu hanya perlu menambahkan biaya sebesar Rp 13 juta dan menunggu proses pengerjaan yang memakan waktu selama seminggu.

Baca Juga: Toyota Kijang Krista Langka, Ada 'Konde' Dibelakangnya, Eks Petinggi TAM

"Namanya juga konsumen, tentu perlu kami layani," ujar supervisor sebuah dealer Mitsubishi di Jakarta Utara, Rudy (bukan nama sebenarnya), dikutip dari Tabloid OTOMOTIF No. 10/X terbitan 17 Juli 2000.

Tidak hanya Mitsubishi, dealer resmi Toyota yang ada di wilayah Jakarta Utara dan Tangerang juga diketahui menyediakan layanan konversi Toyota Kijang Krista jadi matik pada saat itu.

Fenomena Toyota Kijang Krista dan Mitsubishi Kuda dikonversi jadi matic di era 2000-an.
Tabloid OTOMOTIF No 10/X terbitan 17 Juli 2000
Fenomena Toyota Kijang Krista dan Mitsubishi Kuda dikonversi jadi matic di era 2000-an.

Melihat fenomena ini, bisa dikatakan kebutuhan mobil matik di era 2000-an cukup tinggi, sehingga membuat celah yang dimanfaatkan sejumlah daler resmi.

Adapun komponen yang digunakan untuk konversi tersebut mengambil dari pihak luar, yang artinya bisa saja membuat garansi pabrikan hangus.

Lantas, apakah fenomena konversi Toyota Kijang Krista dan Mitsubishi Kuda menjadi bertransmisi matik dibenarkan oleh pihak ATPM?

Editor : ARSN
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa