Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Reset ECU Motor Bisa Membetulkan Kerusakan, Fakta Atau Hoax?

Uje,Abdul Aziz Masindo - Minggu, 4 Juli 2021 | 13:08 WIB
Reset ECU motor Honda
Dok. MOTOR Plus
Reset ECU motor Honda

Otoseken.id - Banyak isu yang beredar kalau dengan mereset ECU di motor, kerusakan atau masalah bisa hilang alias sembuh.

Di motor yang sudah menganut sistem injeksi, jika ada masalah atau malfungsi, akan tampil lampu check engine atau kode error yang ditunjukkan di panel instrumen.

Sumber masalah atau kerusakannya bisa bermacam-macam, tergantung dari komponen apa yang bermasalah sehingga menimbulkan kode error berupa angka atau melalui kode dari kedipan indikator check engine

Nah lampu check engine atau kode error yang muncul bakal hilang jika kita melakukan reset ECU, namun melakukan hal tersebut tidaklah tepat.

Baca Juga: Kode Error di Yamaha All New Vixion, Pahami Biar Tak Bingung

Menurut Ery Subagyo dari DMS Tuning spesialis remap ECU, mereset ECU Motor untuk menangani masalah, bukanlah hal yang tepat.

Contoh kode error yang muncul di spidometer Yamaha NMAX
istimewa
Contoh kode error yang muncul di spidometer Yamaha NMAX

"Sebetulnya harus diluruskan kalau hanya sekadar reset ECU itu tidak bakal menyelesaikan masalah atau kerusakan di motor," ucap Ery Subagyo dari DMS Tuning spesialis remap ECU.

"Jadi kode error itu muncul biasanya karena ada kegagalan komponen, bukan hanya sekadar ECU yang error sehingga harus direset," jelasnya.

Editor : ARSN
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa