Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

motor bekas

Knalpot Yamaha Vixion Bekas Ngebul dan Bau Sangit, Part Ini Sudah Aus

Abdul Aziz Masindo - Kamis, 2 Desember 2021 | 20:09 WIB
Yamaha V-Ixion tahun 2014 kondisi bekas
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Yamaha V-Ixion tahun 2014 kondisi bekas

Otoseken.id - Asap dari knalpot Yamaha Vixion yang negbul dan muncul bau sangit menjadi salah satu indikasi ada komponen di dalam mesin yang sudah mengalami aus.

Putra selaku teknisi bengkel resmi Yamaha di Sawah Besar, Jakarta Pusat mengatakan, muncul asap disertai bau sangit lantaran sil klep yang sudah aus akibat usia.

Efek dari longgar atau sobek di sil klep ini membuat oli mesin ikut terbakar sehingga mengeluarkan asap putih atau ngebul.

"Bau sangit atau bau seperti angus timbul kalau saat ngebut doang, itu sil klep getas, sudah aus, akibatnya saat (motor) dibawa ngebut, oli ikut terbakar di ruang pembakaran," kata Putra, Teknisi bengkel resmi Yamaha di Sawah besar, Jakarta Selatan.

Knalpot motor 4-tak ngebul putih
Istimewa
Knalpot motor 4-tak ngebul putih

Baca Juga: Kelemahan Yamaha Vixion Bekas, 3 Komponen Ini Paling Sering Kena

Indikasi sil klep getas atau aus juga bisa diamati pada ujung knalpot, masukkan jari Anda ke ujung knalpot, jika terdapat minyak seperti oli, artinya sil klep sudah aus yang mengakibatkan oli ikut terbakar di ruang pemnakaran.

"Kalau mesin yang sehat, di ujung knalpot enggak ada minyak atau lelehan oli, hanya karbon aja itu pun kering," terang Putra, kepada Otoseken.

Ujung knalpot yang berminyak dan timbul lelahan oli juga bisa indikasikan ring piston yang sudah aus.

Jika hal ini terus dibiarkan, volume oli mesin akan cepat habis karena terbakar, sehingga pemulasan di dalam mesin jadi tidak optimal.

Selain dari sil klep, bau sangit bisa muncul dari kebocoran oli yang terkena pipa knalpot sehingga menimbulkan bau sangit.

 

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa