Cara Merawat Honda HR-V Bekas, Transmisi CVT dan Kaki-kaki Jadi Perhatian Lebih

Abdul Aziz Masindo - Senin, 23 Mei 2022 | 07:00 WIB
Honda HR-V 2015
Youtube: Otoseken
Honda HR-V 2015

Otoseken.id - Honda HR-V hadir sebagai SUV berukuran kompak yang pertama kali meluncur ke Tanah Air pada 2014 dan dipasarkan di tahun 2015.

Compact SUV ini hadir dalam 2 pilihan mesin, yakni mesin 1.500 cc di tipe E dan S, dan 1.800 cc tipe Prestige, dipadukan dengan transmisi otomatis CVT, dan pilihan manual untuk tipe S.

Walaupun usianya sudah lebih dari 5 tahun, tapi desain HR-V masih terlihat sporty dan mewah dipakai di tahun 2022, desain stylish-nya banyak disukai anak muda ataupun keluarga muda.

Namun bagi sobat yang berencana ingin meminang Honda HR-V bekas ini, penting untuk melakukan perawatan transmisi CVT, sebab kalau rusak biayanya sangat menguras kantung.

Honda HR-V 1.5 E CVT 2015 bekas
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Honda HR-V 1.5 E CVT 2015 bekas

1. Transmisi CVT

"CVT ini sebenarnya mirip-mirip sama Brio, Mobilio dan HR-V ini, sebaiknya diperhatikan banget soal interval penggantian oli transmisi matik CVT," ungap Billy, pengguna HR-V 2015 yang dikutip dari Youtube Otoseken berjudul "Keren, Irit, Compact, Cocok Buat Kerja, Jalan-Jalan, Kondangan Dll, Honda HR-V 1.5".

Transmisi Honda HR-V 1.5 E  CVT 2015
Dok.Otomotif
Transmisi Honda HR-V 1.5 E CVT 2015

Sarannya daripada transmisi CVT kena, lakukan penggantian oli transmisi matik CVT setiap 20.000 kilometer, cukup ganti saja, tidak perlu kuras (flushing).

Kurangnya perawatan seperti telat ganti oli transmisi CVT dapat menyebabkan komponen CVT rusak, kalau sudah rusak, biaya perbaikan CVT di bengkel spesialis matik berkisar Rp 12 - 15 juta.


Editor : ARSN
Sumber : Youtube Otoseken

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa