Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Salah Satu Piranti Keselamatan Terpenting, Ini 4 Tanda Waktunya Ganti Ban Mobil

Abdul Aziz Masindo - Rabu, 8 Juni 2022 | 18:34 WIB
Ilustrasi ban mobil
Dwi Wahyu r./GridOto.com
Ilustrasi ban mobil

Otoseken.id - Pemilik mobil jangan cuek mengecek kondisi ban, sebab piranti ini punya peran penting untuk mengontrol arah kendaraan dan menjadi salah satu kunci keselamatan di jalan.

Ban yang sudah waktunya diganti akan berisiko mengelami pecah ban atau daya cengkram ban yang sudah berkurang akibat kembang ban yang sudah botak atau.

Terlebih jika dikondisi hujan dengan jalanan basah, ban yang sudah waktunya diganti dapat menimbulkan risiko mobil tergelincir atau Aquaplaning.

Mengutip dari data yang diperoleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), nyatanya tercatat 80 persen kecelakaan kendaraan di jalan raya dipengaruhi oleh masalah yang terjadi karena kondisi ban kendaraan yang kurang prima.

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan, Lifepal.co.id, sebagai marketplace asuransi, membagikan 4 tips akan waktu yang tepat untuk mengganti kondisi ban kendaraan.

1. Mengganti Ban Mobil Apabila Umurnya Sudah Lebih dari 3 Tahun

Ilustrasi ban mobil
Abdul Aziz Masindo
Ilustrasi ban mobil

Meskipun ban mobil terbuat dari bahan dasar karet, namun pemakaian dalam jangka waktu yang cukup lama akan membuat kondisi kelenturan dari karet tersebut akan terus berubah. Yang tadinya ban mobil memiliki tekstur yang elastis, hingga menjadi keras dan kehilangan kelenturannya.

Kondisi ban mobil yang sudah melebihi 3 tahun juga tetap disarankan untuk dilakukan penggantian dengan ban yang baru meskipun ban masih tebal.

2. Mengganti Ban Mobil Jika Jarak Tempuh Sudah Mencapai 40 ribu Kilometer.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa