Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jadi Calon LMPV Bekas Irit BBM, Begini Cara Kerja Smart Hybrid di Ertiga Hybrid yang Baru Meluncur

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 10 Juni 2022 | 14:56 WIB
Jajaran direksi PT Suzuki Indomobil Sales pose bareng All New Ertiga Hybrid
Andhika/Otomotifnet
Jajaran direksi PT Suzuki Indomobil Sales pose bareng All New Ertiga Hybrid

Otoseken.id - Kabar Suzuki Ertiga Hybrid meluncur memang sudah terdengar jauh-jauh hari, akhirnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan Ertiga hybrid hari ini, Jumat (10/6/2022).

Tidak seperti LMPV kompotitornya seperti Avanza dan Xpander yang banyak melakukan perubahan di tampilan dan mengganti jenis transmisi menjadi CVT, justru Ertiga Hybrid ini datang dengan teknologi smart Hybrid.

Lantas bagaimana cara kerja teknologi smart hybrid yang disematkan Ertiga terbaru ini?

Khusus di varian Ertiga GX dan Ertiga Suzuki Sport (SS) ini sudah dibekali teknologi smart hybrid, teknologi smart hybrid ini bertujuan untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.

Dengan mengandalkan tiga komponen pendamping, yakni mesin bensin bekode K15B VVT 1.462 cc, kemudian ISG (Integrated Starter Generator) dan Battery Lithium-ion 6Ah 12 Volt.

All New Ertiga Hybrid berkat teknologi Suzuki Smart Hybrid, All New Ertiga Hybrid diklaim lebih ramah lingkungan dan lebih efisien dalam pemakaian bahan bakar
Andhika/Otomotifnet
All New Ertiga Hybrid berkat teknologi Suzuki Smart Hybrid, All New Ertiga Hybrid diklaim lebih ramah lingkungan dan lebih efisien dalam pemakaian bahan bakar

Nah ISG (Integrated Starter Generator) sendiri tugasnya untuk melakukan pengisian daya ketika mobil berdeselerasi (Regenarative breaking), melakukan engine start saat fitur auto start stop aktif, dan power assisting saat berakselerasi.

Kemudian Battery Lithium-ion sebesar 6Ah yang terletak di bawah kursi penumpang depan ini berperan untuk menyimpan dan menyuplai kebutuhan listrik untuk ISG (Integrated Starter Generator).

Dengan ISG di teknologi smart hybrid ini seharusnya Suzuki Ertiga hybrid bisa lebih irit konsumsi BBM dan bisa dapat membantu saat mobil berakselerasi, namun untuk pembuktiannya memang harus dilakukan tes lengkapnya terlebih dahulu.

Soal harganya, Ertiga Hybrid dibanderol mulai dari Rp 270,3 juta (OTR DKI Jakarta)  sampai Rp 292,3 juta (OTR DKI Jakarta), berikut data lengkapnya:

  • All New Ertiga Hybrid GX M/T Rp 270.300.000
  • All New Ertiga Hybrid GX A/T Rp 281.300.000
  • All New Ertiga Hybrid Suzuki Sport (SS) M/T Rp 281.300.000
  • All New Ertiga Hybrid Suzuki Sport (SS) A/T Rp 292.300.000

Baca Juga: Naksir Suzuki Ertiga Generasi Pertama, Kenali Perbedaan Tipe GX, GL dan GA

 

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa