Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Harga BBM Naik, Lakukan Setel Klep Motor Biar Makin Irit Bensin

Uje,Abdul Aziz Masindo - Minggu, 18 September 2022 | 12:05 WIB
Setel klep Honda Vario jangan terlalu kencang
Dok. Otomotifnet
Setel klep Honda Vario jangan terlalu kencang

Otoseken.id - Menyiasati Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik, salah satu caranya adalah lakukan stel klep motor biar makin irit bahan bakar.

Seperti kita ketahui, Presiden Joko Widodo mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) Pertamina mulai dari jenis Pertalite, Solar dan Pertamax pada Sabtu (3/9/2022) pukul 14:30.

Adapun kenaikan harga BBM jenis Pertalite subsidi dari Rp 7.650 per liter menjadi 10.000 per liter, kemudian Solar subsidi dari Rp 5.150 per liter menjadi 6.800 per liter, dan Pertamax dari Rp 12.500 per liter menjadi Rp 14.500 per liter.

Nah, salah satu tips yang bisa kita lakukan agar konsumsi bensin mesin motor tetap irit adalah dengan mengatur kerenggangan klep secara rutin.

Sebab menurut Agung Prayitno owner JGP Motorcycle di daerah Cidodol, Jakarta Selatan, jarak klep yang tidak sesuai berakibat tenaga motor yang keluar jadi tidak maksimal.

Ilustrasi klep atau valve di ruang bakar
Dok. GridOto
Ilustrasi klep atau valve di ruang bakar

"Klep bekerja dengan sistem kerja mekanis, serta terkena panas yang memungkinkan terjadi pemuaian dan berpengaruh terhadap kerenggangan klep sehingga harus disetel berkala," buka Agung.

"Atur jarak klep ini fungsinya penting untuk penghematan konsumsi bahan bakar dan agar buka tutup klepnya itu teratur," kata Agung lagi.

Setelan klep yang terlalu rapat dan tidak sesuai standar, dampaknya membuat klep cepat membuka dan lebih lama menutup, pembukaan yang lebih lama membuat gas lebih banyak masuk.

"Efeknya akan cepat panas, konsumsi bahan bakar juga lebih boros, Dalam kondisi ini tenaga mesin tentunya juga akan berkurang," Ucapnya.

Editor : ARSN
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa