Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ingat Lagi Mitsubishi Eterna GTi, Kental Darah Reli, Mampu Melesat 220 Km/jam

Abdul Aziz Masindo - Minggu, 18 September 2022 | 18:10 WIB
Test drive Mitsubishi Eterna GTi di tahun 1998 lalu
Dok. OTOMOTIF
Test drive Mitsubishi Eterna GTi di tahun 1998 lalu

Otoseken.id - Kita nostalgia lagi, kemunculan Mitsubishi Eterna pada tahun 1989 tentunya membawa angin segar bagi penggemar kecepatan.

Mitsubishi Eterna bisa dibilang mobil yang lincah di jalan mulus, garang di medan kasar, terbukti dari prestasi yang diukir Mitsubishi Eterna di berbagai perlombaan di dunia.

Mitsubishi Eterna yang digenjot pereli Jepang Toshiaki Endo tampil begitu cemerlang di Starko Rally of Indonesia pada Agustus 1998 silam. Padahal ia satu-satunya mobit standar namun mampu mencuri gelar juara umum ketiga.

Mempecundangi sejumlah mobil grup S hasil modifikasi, maupun supercargrup A dan B yang khusus dirancang buat reli.

Bulan berikutnya, Eterna lagi-lagi menggebrak di reli Malaysia. Mobil yang dinobatkan sebagai Japanese Car of The Year '88 ini, memborong piala juara umum I, II. Ill dan IV.

Mitsubishi Eterna DOHC GT-i
Tabloid OTOMOTIF
Mitsubishi Eterna DOHC GT-i

Sementara di negerinya sendiri. prestasinya juga memukau. Mendominasi All Japan Rally Championship seri kedua, dari juara umum I hingga V. lalu VIII dan ke-X.

Dari deretan prestasinya ini. Mitsubishi memang pantas menepuk dada. Dan ketika mulai beredar di Indonesia, saat itu tim tabloid OTOMOTIF berkesempatan melakukan uji coba selama 10 hari ke depan.

Separoh mobil ini, dibuat dari baja ringan tahan karat. Selebihnya menggunakan logam biasa yang dilindungt anti karat seperti kendaraan lain.

Eterna juga dirancang khusus untuk menyerap benturan. Sehingga ruang penumpang tetap utuh dan terlindung secara maksimum, jika terjadi tabrakan. Desain ini sekaligus juga berfungsi meredam kebisingan suara mesin yang masuk keruang dalam.

Editor : ARSN
Sumber : Tabloid OTOMOTIF

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa