Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cuaca Ekstrem Waspada Pohon Tumbang dan Banjir, Apakah Ditanggung Asuransi?

Abdul Aziz Masindo - Minggu, 6 November 2022 | 14:58 WIB
Ilustrasi pohon tumbang timpa mobil
Humas Polres Jakarta Pusat
Ilustrasi pohon tumbang timpa mobil

Otoseken.id - Hujan deras disertai angin kencang melanda beberapa daerah, hujan deras yang disertai angin kencang ini berisiko pohon tumbang dan banjir.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melalui akun resmi Twitter @BPBDJakarta, per Sabtu pukul 14.50 WIB, ada 12 pohon tumbang di wilayah Jakarta Selatan.

Sedangkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, 10 RT di Jakarta Timur masih terendam banjir sampai hari ini (6/11/2022).

Yang menjadi pertanyaan, apakah mobil yang tertimpa pohon atau terkena banjir bisa ditanggung asuransi?

Sebelum membahas hal tersebut, kita ketahui terlebih dahulu jenis-jenis asuransi, umumnya ada dua jenis asuransi pada kendaraan, yaitu asuransi mobil All Risk (comprehensive) dan asuransi Total Loss Only (TLO).

Asuransi mobil All Risk akan membayar klaim untuk semua jenis kerusakan, berlaku untuk kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan dalam kecelakaan lalu lintas.

Sedangkan asuransi Total Loss Only (TLO), hanya menjamin risiko akibat pencurian dan kerusakan jika biaya perbaikan diperkirakan sama dengan atau melebihi 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian.

Premi asuransi All Risk lebih mahal dari TLO, karena perlindungannya yang lebih menyeluruh. Sementara itu, asuransi TLO dipilih karena harga premi yang relatif lebih murah daripada premi asuransi mobil All Risk.

Meski begitu, kalian tidak bisa mengklaim asuransi TLO jika kerusakan yang dialami kurang dari 75%.

Berdasarkan informasi yang diterima Otoseken.id dari duitpintar.com, untuk fenomena bencana alam seperti banjir, pohon tumbang, dan sebagainya, maka kalian harus menambah jaminan perluasan.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa