Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

mobil bekas

Mencuci Mobil Ternyata Ada Urutan yang Benar, Ini 7 Tahapannya

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 10 Februari 2023 | 22:43 WIB
Mengusap Bodi yang Benar Mengurangi Risiko Baret Halus Saat Cuci Mobil
Dok. PT Suzuki Indomobil Sales
Mengusap Bodi yang Benar Mengurangi Risiko Baret Halus Saat Cuci Mobil

Otoseken.id - Mencuci mobil kesayangan ternyata tidak cuma asal siram dan menyabuni saja, tetapi ada urutan yang benar.

"Mencuci mobil sendiri di rumah memiliki manfaat lain seperti perlindungan mobil dari debu yang dapat menimbulkan baret, menjaga pandangan tetap jelas saat berkendara, bahkan untuk menjaga nilai kendaraan serta memastikan perlindungan kesehatan bagi pengemudi dan penumpang," kata Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS dikutip dari website resmi Suzuki

"Pilih shampoo khusus mencuci mobil yang sebaiknya memiliki kadar pH mendekati 7 dan memiliki kandungan silikon minimal 60 persen. Selain itu peralatan dan perlengkapan yang digunakan juga harus tepat dan berkualitas baik," lanjutnya. 

Agar mencuci mobil secara mandiri bisa dilakukan dengan aman dan tepat, ada beberapa anjuran yang disarankan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) kepada pemilik mobil agar hasilnya tetap memuaskan. 

1. Cuci bagian terkotor terlebih dahulu seperti ban dan velg

Area bawah mobil yang berjarak terdekat dari lintasan seperti ban dan velg biasanya menjadi bagian terkotor dari mobil yang terpakai. Pada bagian ini, pemilik mobil dapat menggunakan tire cleaner atau cairan khusus yang memang diperuntukan membersihkan ban dan velg.

Kemudian untuk memudahkan dan memastikan kotoran dapat terangkat, pemilik mobil dapat menggunakan sikat khusus.

Apabila pemilik mobil menggunakan shampoo mobil, pastikan air dan busa yang telah dipakai untuk ban dan velg sebaiknya diganti atau tidak dipakai kembali untuk area kaca dan body mobil.

2. Basahi seluruh mobil dengan air bersih yang mengalir

Setelah bagian ban dan velg sudah bersih, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menyemprot air bersih ke body mobil untuk menghilangkan kotoran-kotoran terlebih dahulu sebelum diberi shampoo.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa