Ganti Setir Copotan Supaya Tampilan Lebih Keren? Perhatikan 3 Hal Ini Dulu

Abdul Aziz Masindo - Kamis, 26 September 2019 | 12:00 WIB

Setir Toyota Kijang Innova Reborn bisa diaplikasikan ke Innova lawas (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Upgrade setir marak dilakukan pemilik mobil, alasannya tentu ingin menambah kemewahan interior agar lebih kekinian.

Di pasaran, banyak beredar setir-setir copotan, harganya pun beragam mulai dari yang termurah Rp 1 jutaan, sampai yang termahal Rp 15 jutaan.

Sebelum memasang setir, ada hal-hal penting yang harus diperhatikan supaya upgrade setir lebih optimal dan semua fitur berfungsi.

Sesuai merek mobil

Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu mengganti setir copotan yang sesuai merek mobil, contoh Toyota ke Toyota dan Mitsubishi ke Mitsubishi.

Upgrade setir yang sesuai dengan merek mobil, lebih mudah pemasangannya karena PNP, kalau beda merek biasanya mengubah dudukan setir lantaran ukuran dudukan bosh setir yang berbeda.

"Mengganti setir kalau beda merek bisa, tapi akan ada sedikit modifikasi karena biasanya ukuran dudukan bosh setir yang berbeda jadi harus modifikasi dudukan setir," kata Agus, spesialis setir dan airbag Rafi Mobil di Taman Puring, Kebayoran Baru, Jakarta.

Airbag

Pastikan apakah setir yang akan diganti sudah terdapat airbag, dan pastikan airbag masih dalam kondisi bagus, bukan bekas reparasi.

Setir copotan yang memiliki fitur airbag, perhatikan bagian komponen kabel spiral, jangan sampai tertarik atau tercabut dari posisi dudukan saat pengaplikasian setir.