Sering Salah Sebut, Suzuki Jimny atau Katana, Ini Perbedaan Signifikannya

ARSN - Selasa, 21 Januari 2020 | 10:30 WIB

Ilustrasi Suzuki Jimny atau Katana (ARSN - )

Otoseken.id - Salah satu mobil legendaris yang terkenal di Indonesia adalah Suzuki Jimny dan Katana.

Bahkan sampai saat ini, masih banyak pecinta off-roader yang menggunakan Suzuki Jimny dan Katana untuk dijadikan bahan mobil off-road.

Suzuki Jimny generasi pertama kali dikenalkan di Jepang tahun '70-an, waktu itu mesinnya cuma punya kapasitas 359 cc.

Suzuki Jimny generasi ke dua memulai produksinya pada 1981. Lalu pada 1986 Suzuki menamai versi 4X2 Jimny menjadi Katana.

(Baca Juga: Mengingat Kembali Suzuki Katana, Jip Legendaris Yang Dijuluki "Jimny Banci")

Jimny dan Katana pada tahun produksi yang sama memiliki model eksterior dan interior yang tidak berbeda. Jika dibandingkan setiap tahunnya, pasti ada perubahan-perubahan kecil seperti penggantian headlamp dari bulat menjadi kotak, bagian interior, dasbor, dan banyak lagi.

Pada artikel ini akan membandingkan Jimny SJ410 yang paling tua (1981) dan Katana yang paling terakhir diproduksi (2006).

Dennis Emmanuel, pemilik dari bengkel modifikasi dan restorasi Jimny, MMC 4X4 mengatakan, perbandingan yang signifikan bisa dilihat dari Jimny yang paling tua dan Katana yang paling muda.

Aditya Pradifta
Suzuki Jimny Sierra dan Suzuki Katana

“Jimny yang awal itu belum ada air conditioner-nya (AC) sedangkan Katana tahun 2006 sudah memiliki AC standar dari pabrikannya,” ucap Dennis dikutip dari Kompas.com.

(Baca Juga: Baca Juga: Panduan Meminang Suzuki Jimny Lawas, 2 Kendala Ini Patut Diketahui)