Ganti Setir Jangan kena Tipu, Ini Ciri-ciri Setir Replika dan Asli

Abdul Aziz Masindo - Senin, 26 Juli 2021 | 07:00 WIB

ilustrasi upgrade setir Toyota Innova lawas ke setir Innova Reborn (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Upgrade setir banyak dilakukan oleh pemilik mobil supaya tampilan interior lebih terlihat mewah dan modern.

Dengan upgrade setir juga dapat menambah kenyamanan selama menggenggam setir, contoh upgrade dari setir berbahan karet ke kulit. 

Selain itu, ada juga yang mengganti setir hanya karena setir yang lamanya sudah rusak atau jelek dan mengganti setir yang sama dengan bawaan mobilnya.

Namun mengganti atau upgrade setir juga perlu hati-hati, memilih setir harus mengetahui kualitasnya, apakah setir itu kualitas orisinal atau malah hanya replika yang menyerupai orisinal atau biasa disebut KW.

Baca Juga: Harga Setir Orisinal Baru dan Bekas Copotan, Ada Toyota Innova, Xpander, HR-V

Supaya enggak ketipu, Bobby selaku pemilik workshop Bobby Spec Rare Item di MGK Kemayoran Jakarta, memberikan tips membedakan setir yang orisinal atau replika.

Menurut Boby, cara paling mudah yang pertama dilihat dari rangka, biasanya yang orisinal terdapat embos brand.

"Setir yang orisinal pasti ada embos tulisan pabrikan, misalnya tulisan Honda, Mazda, Toyota yang letaknya di bagian dalam plang setirnya atau rangkanya," terang Bobby.

Abdul Aziz Masindo
Embos Tulisan Honda di Setir

Selain itu, embos atau tulisan timbul pabrikan juga terdapat pada airbag, namun beberapa jenis setir ada yang tulisan embos hanya berupa tulisan kode-kode saja.