Biar Enggak Bikin Panik Lagi, Ketahui Arti Kode Error di Motor Yamaha

Abdul Aziz Masindo - Rabu, 1 Maret 2023 | 21:53 WIB

Contoh kode error yang muncul di spidometer Yamaha NMAX (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Saat kode error tiba-tiba muncul di panel instrumen atau spidometer di motor Yamaha kalian, biar enggak bikin panik pahami arti kode error.

Sekedar informasi, Kalau motor-motor injeksi zaman dulu, ketika ada malfungsi, dapat diketahui dengan menghitung kedipan lampu Malfunction Indicator Light (MIL) yang cukup repot.

Indikator Malfunction Indicator Light (MIL) berwarna kuning atau biasa disebut indikator check engine berwarna kuning di speedometer atau panel instrumen sebagai yang berkedip merupakan suatu kode untuk mengetahui komponen apa yang terjadi malfungsi.

Uje
Ilustrasi Kode error motor Honda

Nah motor-motor Yamaha modern sebut saja Yamaha NMAX, Aerox 155, Vixion, R15 dan sebagainya, sudah memudahkan pengguna ketika terjadi malfungsi dengan menampilkan kode error yang berupa angka, tidak kode kedipan indikator MIL seperti motor injeksi keluaran lama.

Kode error yang ditampilkan di panel instrumen berupa angka ini dibarengi dengan indikator Malfunction Indicator Light (MIL) warna kuning menyala.

Dolly Rinjani
Muncul kode error 12 pada Yamaha Aerox 155

Masing-masing sensor memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing dan menerima perintah dari Electronic Control Unit (ECU) sebagai otak utama sistem injeksi.

Bila salah satu sensor ada yang bermasalah atau malfungsi, sensor akan memberikan sinyal atau kode error yang akan akan terbaca di panel instrumen atau speedometer yang dibarengi dengan nyalanya indikator Malfunction Indicator Light.

Biar enggak bingung, ada baiknya kita ketahui kode error supaya ketahuan penyabab masalah atau komponen yang mengalami malfungsi, berikut kode error di motor injeksi Yamaha:

Baca Juga: Yamaha NMAX 155 Generasi Lawas Punya Penyakit Bawaan, Solusinya Pakai Ini