Akibat Wabah Covid-19, Pasar Mobil Bekas Ikut Kena Dampaknya

Abdul Aziz Masindo - Selasa, 24 Maret 2020 | 16:43 WIB
Ilustrasi showroom mobil bekas
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Ilustrasi showroom mobil bekas

Otoseken.id - Saat ini dunia dihebohkan dengan kemunculan Virus Corona (Covid-19) yang berasal dari Wuhan China, virus tersebut rupanya juga memengaruhi pasar mobil bekas di Tanah Air.

Beberapa pedagang mobil bekas yang Otoseken wawancarai mengaku telah terjadi penurunan angka penjualan mobil bekas akibat virus Corona.

"Showroom kami masih buka tapi berpengaruh ke penjualan, memang bulan ini (Maret) turun walau tidak signifikan, tetapi penjualan dan respon iklan menurun," kata Asep, dari showroom Ananda Motor di Bursa Mobil Bekas Serpong, Tangerang, saat dihubungi Otoseken.

Menurutnya, mobil merupakan kebutuhan yang tidak mendesak (tersier), dalam situasi seperti ini, mereka (konsumen) lebih memilih untuk tidak dulu membeli mobil.

Ilustrasi Showroom mobil bekas
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Ilustrasi Showroom mobil bekas

(Baca Juga: Diagnosa Warna Asap Knalpot Mobil Bekas, Banyak Yang Salah Mengartikan)

Ia juga menambahkan, turunnya daya beli masyarakat terhadap mobil bekas dikarenakan rupiah yang saat ini sedang melemah akibat dari wabah virus Corona.

Hal serupa juga diungkapkan Pemilik Showroom Otobest di kawasan Durean Sawit Jakarta Timur yang mengeluhkan penurunan daya beli masyarakat terhadap mobil bekas.

"Sekarang (penjualan mobil bekas) turun, bulan lalu belum terasa, tapi Maret ini setelah ada anjuran WFH dan social distancing jadi makin sepi," kata Indra, dari showroom Otobest di Duren Sawit, Jakarta Timur, saat dihubungi Otoseken.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : ARSN

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa