Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lelang Mobil Secara Online, Konsumen Perorangan Naik Dua Kali Lipat

Abdul Aziz Masindo - Selasa, 5 Januari 2021 | 14:03 WIB
Unit mobil bekas di Balai Lelang Ibid Astra
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Unit mobil bekas di Balai Lelang Ibid Astra

Otoseken.id - Efek pandemi covid-19 membuat beberapa balai lelang melakukan proses lelang mobil bekas secara daring atau online, ternyata lelang online membuat konsumen perorangan naik sampai dua kali lipat.

Salah satunya Ibid Balai Lelang Serasai (IBID), yang sudah menerapkan lelang secara online dari Maret 2020 hingga sekarang.

"Lelang IBID itu mulai dari Maret minggu ketiga sudah secara online semua tidak ada yang offline atau konvensional," kata Daddy Doxa President Director Balai Lelang Serasi (IBID) saat dihubungi.

Sejak dari Maret hingga sekarang, Menurut Dox konsumen perorangan atau individu meningkat, dengan porsi 20 persen konsumen perorangan (individu), dan 80 persen pedagang mobil bekas.

Unit mobil bekas di Balai Lelang Ibid Astra
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Unit mobil bekas di Balai Lelang Ibid Astra

Baca Juga: Tak Perlu Ragu, Inspeksi Mobil Bekas di Ibid Lelang Pakai Sistem ACV

"Sejauh ini B2B masih besar, tapi semenjak ada online B2C atau individualnya juga semakin banyak sampai 20 persen," ungkap Doxa.

Walau masih banyak pedagang atau showroom, tapi menurut Doxa meningkat dua kali lipat dari sebelumnya 5 - 10 persen pada saat lelang konvensional menjadi 20 persen B2C atau konsumen perorangan.

"Kalau masih offline secara konvensional sebelum pandemi, konsumen individu atau perorangannya cuma 5 sampai 10 persen, sisanya 90 persen lebih pedagang-pedagang dari showroom yang beli untuk dijual lagi," katanya.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa