Ini Syarat Klaim Asuransi Mobil Terbakar yang Diterima dan Ditolak

Abdul Aziz Masindo - Kamis, 2 Desember 2021 | 06:30 WIB
Sebuah mobil Nissan Xtrail warna silver berplat nomor polisi AD 9008 BS terbakar di Jalan Manyar I, Gremet, Kelurahan Manahan, Banjarsari, Solo pada Minggu (19/7/2020).
Tribunsolo.com / Istimewa
Sebuah mobil Nissan Xtrail warna silver berplat nomor polisi AD 9008 BS terbakar di Jalan Manyar I, Gremet, Kelurahan Manahan, Banjarsari, Solo pada Minggu (19/7/2020).

Otoseken.id - Musibah seperti mobil terbakar tiba-tiba tentu menjadi momok yang menakutkan bagi pemilik mobil, selain menyangkut nyawa, perbaikan mobil terbakar tidaklah sedikit.

Bahkan mobil yang terbakar bisa saja sudah tidak bisa diperbaiki alias menjadi bangkai, namun klaim asuransi mobil terbakar bisa saja ditolak pihak asuransi.

Laurentius Iwan Pranoto selaku Head of Communication & Customer Service Management Asuransi Astra mengatakan, ada beberapa syarat yang menentukan apakah kalim diterima. Salah satunya adalah adanya perubahan bentuk atau lainnya di mobil yang tak sesuai dengan awal pendaftaran.

"Dilakukan investigasi dulu, apakah mobil berada dalam kondisi laik jalan atau bagaimana. Apakah ada modifikasi atau ubahan yang dapat membahayakan atau tidak. Sebab, ketika ada perubahan, pemilik wajib lapor ke asuransi dulu," ucap Iwan.

Baca Juga: 4 Tips Klaim Asuransi Mobil TLO dan All Risk Biar Enggak Ditolak

Masih kata Iwan, jika ubahan tersebut tidak dilaporkan, pihak asuransi bisa tidak menanggungnya.

"Jadi, walaupun hanya menambah kaca film, karena mengubah spesifikasi, harus dilaporkan,” tegas Iwan.

Berdasarkan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia, klaim asuaransi mobil yang terbakar bisa dilihat dari pengembangan kasusnya atau penyebabnya.


Editor : ARSN
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa