Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sulit Dipercaya, Lelang Toyota AE86 Trueno Sitaan Laku Rp 1 Miliar

Abdul Aziz Masindo - Minggu, 6 Februari 2022 | 20:00 WIB
Toyota AE86 Trueno dilelang Bea Cukai Nanga Badau melalui KPKNL Pontianak
lelang.go.id
Toyota AE86 Trueno dilelang Bea Cukai Nanga Badau melalui KPKNL Pontianak

Otoseken.id - Sulit dipercaya, Toyota AE86 Trueno sitaan Negara ini bisa laku 10 kali lipat dari harga awal, mecapai Rp 1 Miliar lho.

Diberitakan sebelumnya, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, KPPBC TMP C Nanga Badau, Kalimantan Barat, melalui KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang) melelang Toyota AE86 Trueno yang digelar Kamis (3/2/2022).

Usai dilelang pada Kamis lalu melalui situs lelang.go.id, mobil legendaris yang erat dengan aksi drifting tersebut terjual dengan harga Rp 1,036 Miliar, lebih dari 10 kali lipat harga pembuka lelangnya yang hanya Rp 96,9 juta.

Dikutip dari situs DJKN Kemenkeu, Toyota AE86 Trueno melanggar Pasal 102(B) Undang-undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang Kepabeanan. Mobil tersebut diketahui telah dicoba diselundupkan ke Indonesia melalui perbatasan Negara dengan Malaysia di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau di Kalimantan Barat.

Animo masyarakat terhadap mobil ikonik 'si tukang tahu' yang jago drift ini sangat tinggi, terbukti dari banyaknya penawaran masuk saat pelaksanaan lelang yang berlangsung selama satu jam dimulai dari Pukul 09.30 - 10.30 WIB. Dalam durasi tersebut, masuk sebanyak 63 penawaran hingga akhirnya laku di harga Rp 1,036 Miliar.

"Lelang hari ini sangat menggembirakan. Selain berhasil mencapai harga yang fantastis, juga senang sekali melihat antusias dan usaha para peserta lelang dalam menaikan harga setinggi-tingginya untuk mendapatkan mobil yang memang tidak dijual di Indonesia ini,” ucap Pejabat Lelang KPKNL Pontianak Juana dikutip dari DJKN Kemenkeu.

Toyota AE86 Trueno
www.djkn.kemenkeu.go.id
Toyota AE86 Trueno

Sesuai ketentuan, diberikan jangka waktu selama lima hari kerja bagi pemenang untuk melakukan pelunasan, Selanjutnya, hasil dari lelang tersebut akan disetor ke kas negara sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Sekedar informasi, Toyota AE86 Sprinter Trueno diproduksi mulai dari 1983 di negara asalnya Jepang sampai 1987, berbasis dari Corolla, Sprinter merupakan varian sporty dan memang mesinnya sudah kencang.

Dapur pacunya mengandalkan mesin berkode 4A-GE berkapasitas 1.600 cc 4-silinder DOHC, tenaganya mencapai 120 dk dan torsi 140 Nm, tenaga tersebut dipadukan melalui transmisi manual 5-percepatan yang disalurkan ke penggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD).

Menariknya lagi, Toyota AE86 Trueno punya Limited Slip Differential (LSD) serta transmisi T50 5-percepatan close ratio.

Baca Juga: Kolektor Kumpul, Toyota AE86 Trueno Dilelang KPKNL Pontianak, Buka Harga Tak Sampai Rp 100 Juta

 

 

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa