Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Adu Irit Konsumsi BBM Honda Brio CVT vs Toyota Agya 1.2 A/T vs Suzuki Ignis AGS

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 7 Juli 2023 | 19:40 WIB
 Honda Brio
GridOto.com
Honda Brio

Otoseken.id - Mobil di segmen city car dengan kapasitas mesin 1.200 cc pas untuk menunjang mobilitas di perkotaan, bodinya yang berukuran kompak dan irit bahan bakar menjadikan city car 1.200 cc diandalkan untuk mobil perkotaan.

City car 1.200 cc yang populer yakni Honda All New Brio, Toyota Agya dan Suzuki Ignis layak untuk dipertimbangkan, lantas siapakah yang paling irit diantara ketiga mobil tersebut?

Sebelum membahas data konsumsi BBM, kita bedah dulu spesifikasi mesin dan jenis transmisi yang digunakan pada ketiga mobil tersebut, untuk transmisinya yaitu transmisi otomatis.

Yang pertama adalah Honda Brio generasi kedua ini, mesin yuang digunakan berkode L12 berkapasitas 1.199 cc 4-silinder dengan teknologi i-VTEC bertenaga 89 dk dan torsi 110 Nm

Untuk jenis transmisi matik yang digunakan Brio ini adalah jenis CVT (Continous Variable Transmission), alhasil konsumsi bahan bakarnya bisa lebih efisien.

Pengetesan konsumsi BBM di rute dalam kota, All New Brio mencatat 16,9 km/liter, tapi rute tolnya bisa meraih 22,6 km/liter.

Sedangkan untuk Toyota Agya generasi kedua atau New Agya 1.2 dengan mesin berkode 3NR-VE berkapasitas mesin 1.197 cc 4-silinder dengan teknologi dual VVT-i, tenaganya 88 dk dan torsi 107 Nm.

Ilustarsi Toyota New Agya
Radityo Herdianto
Ilustarsi Toyota New Agya

Berbeda dengan Brio yang pakai Matik CVT, Toyota Agya masih menggunakan transmisi matik jenis konvensional.

Dari pengetesan yang dilakukan GridOto, di rute dalam kotanya Agya 1.2 A/T mencatat 15 km/liter, dan rute tolnya 20,7 km/lter.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa