Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sebelum Berangkat Mudik, Periksa Enam Komponen di Kaki-kaki Mobil

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 29 April 2022 | 11:47 WIB
Ilustrasi pengecekan kaki-kaki mobil
Dok Otomotif
Ilustrasi pengecekan kaki-kaki mobil

Otoseken.id - Sebelum berangkat mudik ke kampung halaman, pastikan kondisi mobil dalam keadaan prima mulai dari kondisi mesin, kelistrikan, AC radiator hingga kaki-kaki.

Pasalnya kaki-kaki mobil ini dapat memengaruhi kenyamanan berkendara dan juga menyangkut masalah keselamatan berkendara.

Selain itu, kondisi kaki-kaki mobil yang sehat akan mejadi lebih irit bila seluruh kondisi kaki-kaki seperti suspensi, roda dalam keadaan prima.

Nah sebelum berangkat mudik menggunakan mobil pribadi, ada baiknya pastikan 6 komponen di kaki-kaki mobil ini masih dalam keandaan bagus.

1. Kondisi Ban dan Tekanan Angin

Karena bersinggunan langsung dengan jalan tentunya ban mejadi faktor keselamatan yang paling penting ketika berkendara, hilangnya daya cengkeram ban akan turut kehilangan pengendalian atas kendaraannya.

Ketebalan pattern ban perlu diperiksa agar ia tetap mampu digunakan saat kondisi basah. Kemampuan ban dalam membuang air sangat penting dalam kondisi hujan.

Bila pattern ban telah menyentuh garis Tread Wear Indicatior (TWI) menandakan ban perlu segera diganti.

Tread Wear Indicator ban mobil
octa saputra
Tread Wear Indicator ban mobil

Selain itu, tekanan angin turut menjadi poin penting selanjutnya. Ban dalam kondisi baik sekalipun bila kekurangan tekanan angin akan berpotensi terhadap pecah ban.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa