Cara Merawat Toyota Great Corolla, Awas Jangan Sampai Mogok di Jalan

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 25 Juni 2022 | 20:25 WIB
Toyota Great Corolla
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Toyota Great Corolla

Otoseken.id - Toyota Great Corolla atau yang sering disebut Greco ini merupakan sedan yang pernah populer di tahun 90-an, bahkan sampai saat ini Great Corolla masih banyak diminati.

Corolla dengan kode bodi AE101 ini merupakan Corolla generasi ketujuh sebagai penerus Corolla Twincam, Great Corolla diproduksi mulai dari 1992 - 1996.

Great Corolla menawarkan 2 pilihan tipe yakni tipe SE dan SE.G dan 2 pilihan mesin, yaitu mesin berkode 2E 1.300 cc yang masih karburator, dan mesin berkode 4A-FE 1.600 cc yang sudah menggunakan injeksi.

Untuk tipe SE.G sudah dilengkapi power steering, power window, electric mirror, arah semburan AC yang lengkap, defogger dan arm rest di kursi belakang, walaupun belum ada airbag.

"Great Corolla saran saya ambil yang tipe SE.G 1.600 cc yang sudah injeksi, mesinnya irit, bandel, perawatannya sangat gampang, spare part juga banyak," buka  buka Affan, owner bengkel spesialis Toyota JM Autoworkz feat Anugerah Motor di Pondok Gede, Bekasi.

Toyota Great Corolla bekas
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Toyota Great Corolla bekas

Soal harga bekasnya, masih kata Affan tergantung kondisinya, untuk tipe 1.6 SE.G kondisi bagus pajak hidup bisa di angka Rp 40 - 50 juta, sedangkan kalau kondisinya istimewa bisa di atas Rp 50 juta.

Namun Affan menyarankan jika mengambil Greco bekas, sobat harus siapkan uang lebih untuk biaya perbaikan di sektor mesin dan kaki-kaki, mengingat usianya yang sudah uzur.

"Namanya mobil tua pasti ada aja perbaikan di mesin, kebanyakan kalau Greco mesin pincang, sudah ngebul, ring pistonnya sudah mulai aus," katanya.

"Kaki-kaki juga kalau mau enak dan nyaman lagi sebaiknya lakukan peremajaan lagi kaki-kakinya, ganti sokbreker, rack steer, ball joint," lanjut Affan.


Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id





KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa