Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Setelah Xpander Viral, SUV RWD Toyota Fortuner Juga Gagal Nanjak, Kok Bisa?

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 3 September 2021 | 10:23 WIB
Toyota Fortuner mundur di tanjakan Sitinjau Lauik
tiktok.com/@bossdoofc
Toyota Fortuner mundur di tanjakan Sitinjau Lauik

Otoseken.id - Jika sebelumnya Mitsubishi Xpander viral di media sosial karena gagal menanjak di tanjakan Sitinjau Lauik Sumatera Barat, kini giliran Toyota Fortuner yang gagal nanjak.

Viral di media sosial, dalam video yang diunggah akun Tiktok @bossdoofc, Toyota Fortuner mengalami spin sehingga ban belakang berputar di tempat dan terpaksa harus mundur.

Sopir pun terlihat mengambil ancang-ancang agar dan mengubah sudut kemiringan saat belok agar mendapatkan momentum yang pas saat menanjak.

Seperti kita ketahui, Mitsubishi Xpander menggunakan penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD), sedangkan Toyota Fortuner yang merupakan penggerak belakang atau Rear Wheel Drive (RWD) yang juga kesulitan untuk menanjak.

Baca Juga: Jangan Panik Saat Mobil Matik Kehabisan Napas di Tanjakan, Segera Lakukan Hal Ini

Hal inilah yang membuat perbincangan warganet soal FWD maupun RWD yang sama-sama kesulitan menanjak di tanjakan viral ini.

@bossdoofc

Xpander ga kuat nanjak di sitinjau lauik Fortuner juga. #xpander #fwd #fortuner #rwd #gakuatnanjak #sitinjaulauik #tanjakan #vs #fwdvsrwd #rwdvsfwd

♬ Epic Romantic Cinematic - Mikki Aglaganov

 Dalam perbincangan tersebut, mobil dengan penggerak FWD memang dipercaya tidak sebaik RWD saat melewati saat melibas tanjakan. Namun, saat melewati tanjakan seperti itu tidak bisa hanya bertumpu pada sistem penggerak di mobil saja, tapi juga kemampuan pengemudi.

Menaggapi FWD maupun RWD yang kesulitan menanjak, Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, FWD memang tidak sebaik RWD saat melewati saat melibas tanjakan.

Editor : ARSN
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa