Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Kamera 360 di Mobil, Siapkan Biaya Segini, Ada Potogan Harga di IIMS 2023

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 25 Februari 2023 | 20:25 WIB
Ilustrasi tampilan kamera 360 derajat atau Around View Monitor (AVM)
Ryan/gridoto.com
Ilustrasi tampilan kamera 360 derajat atau Around View Monitor (AVM)

Otoseken.id - Fitur kamera 360 derajat seakan menjadi mata tambahan bagi sang pengemudi untuk membantu melihat kondisi sekeliling mobil secara 360 derajat.

Fitur kamera 360 derajat atau biasa disebut juga Around View Monitor sangat dibutuhkan saat melewati jalan yang sempit seperti gang ataupun pada saat parkir, terlebih jika dimensi mobil yang besar.

Secara umum, fitur Around View Monitor ini memiliki 4 buah kamera yang ditempatkan di berbagai sisi mobil, seperti pada gril atau emblem depan, di bawah spion kanan dan kiri, serta pada bagian bodi belakang mobil.

Sayangnya fitur Around View Monitor alias kamera 360 derajat ini jarang ditemui di mobil-mobil kelas menengah apalagi entry level, kebanyakan fitur ini ditemui di mobil-mobil kelas atas atau Premium.

Namun buat kalian yang membutuhkan fitur kamera 360 derajat enggak perlu ganti mobil Premium, bisa ditambahkan pakai kamera 360 derajat merek aftermarket yang banyak beredar di pasaran.

Kamera 360 Toyota Fortuner 2020
F. Yoshi / Otomotif
Kamera 360 Toyota Fortuner 2020

Untuk bisa memasang fitur Around View Monitor atau kamera 360, mobil kalian harus sudah pakai head unit Double DIN layar monitor.

"Kamera 360 kita ada, mereknya Ahsan dari China, harga normalnya Rp 5 juta, tapi selama IIMS 2023, ada potongan harganya jadi Rp 4,5 juta saja termasuk pemasangan," buka Vina dari ASM di saat gelaran IIMS 2023 di Hall C1 IIMS 2023, JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pemasangannya enggak memakan waktu lama, cukup 2 sampai 3 jam.

"Kamera 360 3D AVM ini sudah dilengkapi dengan sensor getar pada mobil, beresolusi 1080P dan dapat merekam 5 sampai 6 jam saat sedang berkendara," tutup Vina dari ASM di saat gelaran IIMS 2023 di Hall C1 IIMS 2023, JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Pelek Mobil dari Torsion Hadir di IIMS 2023, Harganya Mulai dari Rp 4 Jutaan

 

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa