Ford Focus MK3 Muncul Penyakit Karena Hal Sepele, Biaya Servis Bikin Kaget

ARSN,Naufal Shafly - Rabu, 7 Juli 2021 | 14:00 WIB

Ilustrasi tampak belakang Ford Focus generasi ketiga (ARSN,Naufal Shafly - )

Otoseken.id - Penyakit ini bisa muncul di Ford Focus generasi ketiga lansiran 2012-2015.

Tapi, enggak akan muncul jika perawatannya selalu rutin.

"Kalau menurut saya, Focus itu enggak ada kekurangan. Tergantung perawatannya aja. Karena kalau mobil dirawat dengan baik, itu enggak akan ada kerusakan," kata Budisusanto Owner Bengkel Spesialis Ford, Mastercars.id saat ditemui, (2/7/21).

Senada dengan Budi Ruhimat, Kepala Bengkel Mastercars.id mengatakan masalah atau penyakit Ford Focus biasanya disebabkan oleh malasnya pemilik mobil melakukan perawatan berkala.

Baca Juga: Naksir SUV bergaya Amerika Ford Escape 2.0, Intip Spesifikasi dan Fiturnya

Padahal, dalam perawatan berkala tersebut, Ford Focus biasanya mendapatkan update software yang fungsinya sangat penting bagi mobil asal Amerika ini.

"Penyakit Ford Focus MK3 itu biasanya modul Airbag System dan modul TCM (Transmission control module) dual clutch," kata Ruhimat, (2/7/21).

Ruhimat menjelaskan, penyebab kerusakan keduanya kurang lebih sama, yakni karena pemiliknya jarang melakukan update software.

"Kalau modul Airbag System, itu biasanya rusak karena enggak update software. Atau penyebab kedua bisa juga karena dia enggak pakai aki yang terlalu rendah. Harusnya standar Focus itu akinya harus 80 ampere," ucapnya.

Baca Juga: Biaya Perbaikan Kaki-Kaki Ford Everest, Komponen Ini Sering Kena