Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

mobil bekas

Injektor Mobil Diesel Rusak Jangan Langsung Ganti, Masih Bisa Diservis, Segini Biayanya

Abdul Aziz Masindo - Selasa, 3 Maret 2020 | 14:08 WIB
Injector common-rail
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Injector common-rail

Otoseken.id - Injektor di mobil bermesin diesel fungsinya hampir sama seperti di mesin bensin, yaitu sebagai penyemprot kabut bahan bakar ke ruang pembakaran.

Nah yang mengatur banyaknya bahan bakar yang masuk bisa diatur secara komputer (ECU - Electronic Control Unit) pada diesel sistem common-rail, atau secara manual seperti di diesel konvensional.

Namun kasus kerusakan pada injektor sering ditemui pada sistem yang common-rail, sebab pada sistem common-rail, injektor memerlukan tekanan yang sangat kuat dan pengabutan yang sempurna.

Kualitas bahan bakar yang buruk dan jarang mengganti filter solar atau bahan bakar diesel menjadi penyebab utama injektor common-rail menjadi rusak.

Bengkel Betawi Diesel di Batuceper, Tangerang
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Bengkel Betawi Diesel di Batuceper, Tangerang

(Baca Juga: Cara Mendeteksi Kerusakan Injektor Mobil Diesel, Cukup Lakukan Ini)

"Kerusakan injektor common-rail memang faktor utamanya dari bahan bakar, itu yang nomor satu, karena kotor, jadi macet," kata Giok Can, pemilik Betawi Diesel di Batuceper, Tangerang.

Bengkel Betawi Diesel selain bisa memperbaiki mesin diesel, tapi ahli juga di bidang injektor, bahkan Ia mampu mengubah diesel sistem common-rail menjadi konvensional lho.

"Servis injektor common-rail kita cek dulu apanya yang rusak, kalau memang kasus solarnya jelek, kemudian balik ke return-nya banyak, itu valve set di injektor bocor," ucap Giok Can.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa